Halaman

Rabu, 10 Oktober 2012

peralatan yang digunakan di restoran

Peralatan dan perlengkapan masak : Peralatan dan perlengkapan restoran yang harus disediakan untuk menunjang operasional sebuah restoran, khususnya peralatan memasak/dapur, terdiri dari berbagai jenis dan banyak jumlahnya. Namun secara umum berbagai jenis peralatan dan perlengkapan restoran tersebut dapat dikelompokkan menjadi 4 jenis, yaitu : (1) Cooking/heating equipment, (2) Chilling/freezing equipment, (3) Kitchen machine, dan (4) Kitchen utensil & small equipment.
Cooking/heating equipment adalah peralatan dan perlengkapan memasak yang bersinggungan dengan panas, seperti : grill, oven, deep fat fryer, steamer, stoe range, shallow tilling pan dan lain-lain. Chilling/freezing equipment adalah peralatan dan perlengkapan memasak yang menggunakan media pendingin, seperti : freezer, refrigerator/chiller dan lain-lain. Kitchen machine adalah peralatan dan perlengkapan memasak yang bekerja secara mekanis, seperti : blender, mixer, peeler, dishwasher, boilling pan, fish fryer, food chopper, grating machine dan lain-lain. Kitchen utensil & small equipment adalah peralatan dan perlengkapan penunjang lainnya, seperti : pot, pan, tray, container, telenan, pisau dapur dan lain-lain.
Peralatan dan perlengkan saji : Peralatan dan perlengkapan restoran yang harus disediakan untuk menunjang operasional sebuah restoran, khususnya peralatan saji, terdiri dari berbagai jenis dan dalam jumlah yang banyak. Namun secara umum berbagai jenis peralatan dan perlengkapan restoran tersebut dapat dikelompokkan menjadi 4 jenis, yaitu : (1) Silverware, (2) Chineware, (3) Glassware, dan (4) Table accessories.
Silverware adalah peralatan dan perlengkapan makan yang terbuat dari bahan perak atau stainless steel, bentuknya antara lain : sendok, garpu, pisau dan lain-lainnya. Chineware adalah peralatan dan perlengkapan makan yang biasanya terbuat dari bahan keramik, alat tersebut biasanya berbentuk : piring, cangkir dan lain-lainnya. Glassware adalah peralatan dan perlengkapan makan yang terbuat dari gelas/kaca, yang mencakup segala jenis dan bentuk peralatan yang terbuat dari gelas. Table accessories atau pelengkapan meja adalah peralatan dan perlengkapan yang diletakkan di tengah-tengah meja pada saat makan, seperti : tempat garam, tempat merica, jambangan bunga, asbak, nomor meja makan, daftar menu dan serbet makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar